Kerja Keras, Itulah yang Membuat Aditya Wijaya Sukses dengan Gedang Brengosnya

Gedang Brengos, siapa yang tidak tahu brand kuliner ini?? Ya, Gedang Brengos adalah salah satu gerai kuliner berbahan dasar pisang yang sedang nge-hits di kota Madiun. Berlokasi di sebuah gerai kecil bercat kuning di sebelah selatan lapangan Gulun Kota Madiun. Pisang goreng bertopping aneka varian ini sukses membuat banyak penikmat kuliner jatuh cinta.

Pemiliknya adalah Aditya Wijaya, yang akrab disapa Tyan. Pemuda kelahiran Madiun, 26 Maret 1995 berwajah oriental ini mengaku mendirikan bisnisnya  sekitar September 2017. Berawal dari hobi kuliner ke sejumlah kota, Tyan punya ide untuk mencoba menawarkan pisang goreng bertopping yang sebelumnya juga telah nge-hits di beberapa kota lain ke masyarakat madiun. Ternyata gayung bersambut, pisang goreng ala Tyan sukses merebut hati warga kota Madiun yang sebagian besar suka mencoba kuliner baru.

Ia menamai gerainya dengan Gedang Brengos. Gedang merupakan bahasa Jawa dari pisang, sedangkan Brengos terinspirasi dari perawakan sang ayah yang brengosan. Anak nomer 2 dari 4 bersaudara ini mengaku mengeluarkan dana sekitar 20-25 juta sebagai modal awal mendirikan usaha. Di awal pun, ia masih menggunakan gerobak yang dibongkar pasang, belum stand permanen seperti sekarang.  Dibantu sang ayah yang merupakan pensiunan polisi, Tyan menjalankan usaha Gedang Brengos dari nol. Kini ia telah dibantu 3 karyawan, sementara tugas menggoreng pisang tetap dia sendiri yang menghandle. Pendapatan per bulan yang bisa dicapai dari bisnis ini berkisar 40-45 juta rupiah per bulan. Sebuah angka yang fantastis untuk ukuran bisnis yang baru 8 bulan berjalan.

Pemuda berkulit putih ini mengaku tidak menyangka usahanya bisa langsung balik modal pada bulan ke-empat dijalankan.  Di awal mendirikan usaha Tyan sering dicibir kawan-kawannya, apalagi selepas SMA ia tidak melanjutkan kuliah karena tidak ingin membebani kedua orangtuanya. Ia lebih memilih membantu sang ibu dan ayah untuk berdagang.

Ya, kedua orangtua Tyan memang telah menjalankan usaha sebagai  penjual kelapa muda sejak ia masih SD. Sejak sekolah Tyan telah terbiasa membantu keduanya berdagang, tak heran insting bisnisnya membawa Tyan untuk mendirikan usaha sendiri selepas ia lulus dari SMA.

Saat ini, ia terus mencoba mengembangkan Gedang Brengos dengan terus menambah varian rasa. Selain itu Tyan juga tengah menyiapkan bisnis kuliner baru yang akan ia buka di seputar GOR stadion Wilis selepas Lebaran tahun ini.

Pemuda yang mmengidolakan Christiano Ronaldo ini memiliki motto, “Kerja keras akan selalu mengalahkan bakat”.  Tidak harus memiliki bakat untuk bisa berhasil dalam suatu bidang, baginya  asalkan bersedia terus mencoba, tekun, tidak mudah menyerah, pasti hasil akan bisa diraih.

 

 

Reporter : Rosi Ge FM

Aditya Wijayaanak madiunmadiun kota karismatikPemilik Gedang Brengos
Comments (0)
Add Comment