Awal Mula Muhammad Rizal Syafrudin Mendirikan Angkringan Kartu

Muhamad Rizal, Owner Angkringan Kartu

Salah satu angkringan yang cukup ramai dikunjungi warga di sekitar lapangan gulun kota Madiun adalah angkringan Kartu. Selama 24 jam angkringan ini menyediakan banyak pilihan menu makanan dan minuman bagi pengunjungnya disamping kopi.

Adalah Muhamad Rizal Syafrudin Barsyah, pemuda berusia 23 tahun yang jadi pemiliknya. Rizal mendirikan angkringan ini sejak setahun silam. Hanya dalam kurun satu tahun menjalankan usaha ini  ia berhasil mendapatkan pemasukan hingga lebih dari dua kali lipat  dari modal awal.

Saat ini, selain dibantu kedua orantua dan seorang saudaranya, Rizal juga memiliki 3 karyawan yang melayani pembeli secara bergantian selama 24 jam. Menurutnya rata-rata seratus orang datang ke warungnya dalam sehari, jumlah yang cukup banyak. Tak heran pendapatan bersihnya setelah dikurangi gaji karyawan dan pengeluaran lain-lain bisa mencapai 12 juta rupiah per bulan. Angka yang besar untuk ukuran seorang mahasiswa. Ya, Rizal sendiri sampai saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa semester 10 UNIPMA jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Ketika ditanya mana antara kuliah atau berwirausaha yang lebih dipilih, ia bilang keduanya penting. Pemuda kelahiran 8 Desember 1995 ini bilang alasan molornya studinya karena sejak 2 tahun terakhir ada panggilan dalam hatinya untuk memulai berbisnis.

Sebelum Angkringan Kartu, kata Rizal dirinya sudah mencoba beberapa bisnis lain yaitu sablon dan Vape store, namun keduanya belum berjalan sesuai harapan. Merugi di bisnis awal, ia tidak menyerah dan mencoba menanamkan modal sekitar 50 juta rupiah di bisnis angkringan. Ketekunan dan kerja kerasnya berbuah manis, kini ia telah berhasil mengumpulkan keuntungan hingga lebih dari dua kali lipat modal awal.

Sulung dari dua bersaudara ini mengaku merasa beruntung selalu didukung kedua orangtua yang jarak usianya tak terlalu jauh dengan dirinya. Sang ibu termasuh ibu muda, baru berusia 41 tahun.  Karena itulah cara berpikirnya cukup modern. Apalagi sejak kecil Rizal dibersarkan dalam keluarga wiraswasta. Hampir seluruh anggota keluarga besarnya adalah pengusaha, maka tak heran jiwa wirausaha telah tertanam dalam dirinya sejak kecil.

Ke depannya pemuda yang bertempat tinggal di sekitar Gulun ini berencana ingin berinvestasi pada bisnis makanan yang konsepnya lebih mewah daripada angkringan.

Ia juga berpesan pada anak-anak muda lainnya agar tidak menyerah ketika memiliki konsep usaha. Coba dulu, jika gagal ya dicoba lagi. Jangan menyerah. Dan hati-hati dalam mengelola keuangan karena godaan di luar itu banyak, jadi harus benar-benar komitmen jika ingin mmebesarkan usaha.

 

 

Reporter : Rosi Ge FM

anak madiunmadiun kota karismatikMuhammad RizalOwner Angkringan Kartu
Comments (0)
Add Comment