DPRD Ponorogo laksanakan Sidang Paripurna Jawaban Eksekutif terhadap Pandangan Umum 8 fraksi

81

DPRD Ponorogo hari ini Senin (08-11-2021) kembali mengadakan sidang paripurna jawaban eksekutif terhadap pandangan umum 8 fraksi tentang pembahasan APBD Ponorogo Tahun 2022 di Gedung DPRD.

Sidang paripurna dipimpin langsung oleh Dwi Agus Prayitno Wakil Ketua DPRD, dihadiri Lisdyarita Wakil Bupati Ponorogo serta perwakilan dari Kodim 0802, Polres, dan Kejaksaan Negeri Ponorogo

Dwi Agus Prayitno, Wakil Ketua DPRD Ponorogo mengatakan jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi-fraksi disampaikan oleh Lisdyarita Wakil Bupati Ponorogo dikarenakan Bupati hari ini sedang mendampingi kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur ke Kabupaten Ponorogo.

“ini adalah paripurna lanjutan terkait dengan pembahasan APBD 2022 jadwalnya adalah rapat paripurna jawaban eksekutif terhadap pandangan umum fraksi-fraksi yang kemarin sudah disampaikan. Kesempatan hari ini tadi menjawab pertanyaan atau pandangan umum fraksi fraksi yang sudah disampaikan dari 8 fraksi, Alhamdulillah berjalan lancar dari rapat paripurna ini dalam rangka penyampaian pandangan fraksi-fraksi yang tadi jawaban eksekutif disampaikan oleh Wakil Bupati Ibu Hj Lisdyarita SH, karena Bupati ada acara kunjungan dari Gubernur”, kata Dwi Agus Prayitno Wakil Ketua DPRD kepada Reporter Radio Ge FM Madiun.

Dari jawaban eksekutif 8 fraksi menyatakan sidang dilanjutkan ke rapat pansus yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 24 Nopember 2021. Dalam sidang paripurna, DPRD Ponorogo juga mengusulkan ke eksekutif tentang 4 Raperda inisiatif, 2 diantaranya tentang Raperda Bumdes dan Raperda Pernikahan Usia Dini.

“dari seluruh fraksi yakni 8 fraksi sudah menyampaikan pandangan umum satu persatu dengan banyak lampirannya, akhirnya setelah selesai dari jawaban eksekutif yang dibacakan Wakil Bupati masing-masing fraksi kita tanyakan apakah dari jawaban eksekutif ini sudah cukup dipahami atau perlu ditindaklanjuti lewat pansus dan mayoritas atau seluruhnya ke 8 fraksi berpandangan bahwa setelah mendengarkan jawaban eksekutif ditindaklanjuti lewat rapat panitia khusus sehingga tadi sekaligus membentuk anggota Pansus yang terdiri dari 15 orang gabungan dari perwakilan fraksi-fraksi, bersamaan dengan itu tadi juga menyampaikan usul empat raperda inisiatif kita yang dibacakan oleh ketua bapemperda atas nama DPRD terkait dengan 4 Raperda untuk juga dibahas di dalam tahun anggaran 2021 ini di penghujung tahun”, tambah Wakil Ketua DPRD

Dwi Agus menambahkan ada 4 Raperda diantaranya Raperda Bumdes, pernikahan anak usia dini, air dan sungai. Raperda itu muncul dari inisiatif komisi-komisi yang bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Ponorogo mulai dari Unida, IAIN, Unmuh, dan Insuri. Dari masing-masing perguruan tinggi ini mendampingi dalam rangka pembuatan naskah akademik dan pembahasan di Raperda. (Nasrudin – Reporter Ponorogo)

Anda mungkin juga berminat
Loading...