Warga Desa Lembah Dolopo laksanakan vaksin covid-19 dosis kedua

75

Setelah melaksanakan kegiatan vaksinasi dosis pertama pada 12 Juli 2021 lalu, kini Pemerintah Desa Lembah Dolopo Kabupaten Madiun kembali mengadakan vaksinasi untuk dosis kedua kepada 200 an warga RT 1 sampai 20 di aula kantor desa Lembah Dolopo, jumat (13-08-2021).


Vaksinasi dosis kedua ini dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Mlilir untuk diberikan kepada warga desa Lembah yang sudah berusia 18 tahun ke atas khususnya warga lanjut usia di atas 50 tahun yang sudah mengikuti vaksinasi dosis pertama.


Andik Eko Widodo Kepala Desa Lembah mengatakan saat ini warganya antusias mengikuti kegiatan vaksinasi karena selain untuk meminimalisir terjangkitnya virus korona dengan mendapatkan kekebalan imun tubuh, juga saat ini ada beberapa persyaratan administrasi untuk perjalanan ke luar kota yang harus menyertakan kartu vaksin selain tes antigen.
“Dengan adanya beberapa persyaratan administrasi harus menyertakan kartu vaksin seperti untuk naik kereta api atau pesawat, saat ini warga antusias mengikuti vaksin selain untuk mendapatkan kekebalan imun tubuh”, jelas Andik kepada Reporter Radio Ge FM Madiun.


Seperti diketahui Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun menyerahkan sepenuhnya pelaksanaan vaksin ke Puskesmas, utamanya terkait lokasi penyuntikan vaksin di tiap desa. Dengan syarat lokasi yang dipilih memungkinkan penerima vaksin bisa menjaga jarak, tidak menimbulkan kerumunan, dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
Pantauan di lokasi, Pemerintah Desa Lembah sudah menyiapkan tempat sesuai protokol kesehatan, dan warga juga dengan tertib mengikuti alur pelaksanaan vaksinasi mulai dari pendaftaran, skrinning kesehatan hingga tahap penyuntikan vaksin.
Andik berharap dengan dilaksanakannya vaksin dosis satu dan dua, herd immunity warga desa lembah bisa melindungi dari covid-19 yang sampai saat ini penyebarannya masih sangat mengkhawatirkan. Warga juga dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yakni dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Apalagi saat ini Kabupaten Madiun masih memberlakukan PPKM Level 4.

Anda mungkin juga berminat
Loading...