Pelaksanaan PPKM Mikro di Desa Sidorejo Wungu Madiun

74

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai diterapkan kembali sejak 1 Juni 2021 hingga 14 Juni 2021. Pantauan Ge FM, PPKM Mikro di desa Sidorejo Wungu Madiun berjumlah 49 posko dirumah masing-masing ketua RT, dengan tempat karantina di Gedung Kantor Desa Baru Sidorejo. Sumber dana yang digunakan 8% dari Dana Desa APBdes dalam kurun waktu 1 tahun sebesar Rp. 80 juta untuk menangani covid-19.

Mahmoedin PJ Kades Sidorejo pada Jumat 11 Juni 2021 bilang, “untuk warga yang terpapar Covid-19 diberikan dana Rp. 600.000. PPKM Mikro menerapkan one gate system ada 6 pos pemeriksaan dijalan poros. Di desa Sidorejo ada 20 warga yang terpapar, 18 sembuh dan 2 meninggal dunia. Saat ini desa Sidorejo sudah masuk zona hijau, tidak ada warga yang terpapar covid-19. “

Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dianggap efektif menurunkan kasus Covid-19. Indikator keberhasilan ini diantaranya jumlah kasus yang terus mengalami penurunan dan jumlah zona merah di tingkat desa terus berkurang. Berkaca pada waktu lalu ledakan setelah libur panjang selalu terjadi, warga tetap disarankan menambah strategi pencegahan dari 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman) menjadi 5M ditambah menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Anda mungkin juga berminat
Loading...