Bupati resmikan PPKM Mikro di wilayah Kabupaten Madiun

46

Posko PPKM Mikro di Desa Bagi kecamatan Madiun dan desa Jerukgulung kecamatan Balerejo hari ini diresmikan Bupati Madiun sebagai perwakilan diresmikannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Wilayah Kabupaten Madiun. Bupati bersama rombongan Forkopimda mengawali kunjungan pertama di posko Desa Bagi, kemudian dilanjutkan ke posko RT 26 RW 04 Desa Bagi kecamatan Madiun. Setelah itu Bupati dan rombongan melanjutkan peresmian posko di desa Jerukgulung dilanjutkan ke posko RT 14 RW 02 desa Jerukgulung kecamatan Balerejo.

  

Ahmad Dawami Bupati Madiun mengatakan ada 4766 RT, semuanya sudah disiagakan dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19. Kesiapsiagaan ini semuanya ditumbuhkembangkan di masing-masing RT yang ada di kabupaten Madiun. Diharapkan peran serta masyarakat ikut ambil bagian dari penyuksesan PPKM. Sementara untuk penganggarannya diambikan dari Dana Desa (DD) minimal 8% bisa dipakai untuk penanggulangan covid-19 di tingkat desa.

“Fasilitas PPKM tingkat RT disediakan masker dan handsanitizer, sedangkan untuk APD, perangkat edukasi pencegahan sampai pemulasaraan ada di posko Desa, artinya ketika PPKM Mikro ini dipersempit sampai tingkat RT maka para pelaku ekonomi diperkenankan buka sampai pukul 21.00”, Kata H. Ahmad Dawami Bupati Madiun kepada reporter Ge FM Madiun.

Sementara itu untuk one gate system kata Bupati  tidak menutup total tapi masih diperkenankan warga yang keluar syaratnya harus memakai masker. Warga yang masuk juga harus memakai masker, termasuk orang yang berjualan apapun boleh masuk asalkan pakai masker, tidak ada penghentian kegiatan semuanya. Untuk zona kabupaten Madiun, dari 4766 RT masuk zona hijau dan kuning artinya zona kuning itu dalam satu RT ada 1-5 pasien, untuk zona orange 6 – 10 pasien. Di Kabupaten Madiun rata-rata masuk zona kuning dan hijau. Bupati berharap ketika PPKM Mikro ini berjalan maksimal kegiatan ekonomi bisa kembali normal seperti sebelum masa PPKM.

Anda mungkin juga berminat
Loading...