Kenaikan Harga Cabai Picu Inflasi Bulan Desember 2020 Di Kota Madiun

13
source mediaindonesia.com

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga cabai rawit dan telur ayam ras memicu terjadinya laju inflasi pada Desember 2020 di Kota Madiun, sebesar 0,47 persen, dengan indeks harga konsumen sebesar 104,35 persen. Kepala BPS Kota Madiun Dwi Yuhenny menjelaskan, sedangkan komoditas penekan inflasi antara lain daging ayam ras, pepaya, bawang merah, pir, emas perhiasan, kacang panjang, salak, anggur, dan pisang.

Dari sebanyak 11 kelompok pengeluaran, ada empat kelompok mengalami inflasi, satu kelompok mengalami deflasi, dan enam kelompok tidak mengalami perubahan indeks. Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,37 persen. Sedangkan kelompok yang mengalami inflasi terendah adalah kelompok penyedia makanan, dan minuman/restoran sebesar 0,10 persen.

Adapun kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya adalah satu-satunya kelompok yang mengalami deflasi yaitu sebesar 0,06 persen. Sementara itu, inflasi Desember 2020 pada delapan kota IHK di Jawa Timur tercatat semua mengalami inflasi dengan inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep sebesar 0,71 persen.

Anda mungkin juga berminat
Loading...