3 Bulan Terakhir Kota Madiun Alami Deflasi

15

Dalam 3 bulan terakhir Kota Madiun mengalami deflasi. Wali Kota Madiun Maidi menilai deflasi terjadi karena Pemkot Madiun berupaya mengerem covid-19 dengan mengurangi aktivitas masyarakat. Selain itu, juga banyaknya bantuan yang disalurkan bagi masyarakat selama pandemi covid-19.

Tiga bulan berturut-turut Kota Madiun mengalami deflasi. Terinci Juli 0,04 persen, Agustus dan September masing-masing 0,02 persen. Hal itu salah satunya karena dampak pandemi covid-19 yang tak kunjung usai. Akibatnya, pergerakan uang dan transaksi menjadi berkurang. Namun kini, kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat perlahan akan kembali dibuka.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Kediri , Sofwan Kurnia menyatakan aktivitas ekonomi sebenarnya berjalan tetapi dalam pengawasan karena adanya pandemi covid-19. Di sisi lain, deflasi di Kota Madiun juga disebabkan karena upaya pemkot melalui APBD membantu mencukupi kebutuhan masyarakat. Sehingga hal itu memangkas permintaan akan komoditas yang selama ini dibutuhkan.

Anda mungkin juga berminat
Loading...