Canangkan Program Siaga Kita, Pemkot Jamin Perlindungan Pekerja Informal

19

Pemerintah Kota Madiun mencanangkan Program Asuransi Tenaga Kerja Informal se-Kota Madiun atau Siaga Kita. Program program ini pemkot berkomitmen memberikan perlindungan bagi warga utamanya pekerja informal apabila terjadi risiko kerja.

Walikota Madiun, Maidi mengatakan, melalui program Siaga Kita, para pekerja informal diikutkan dalam jaminan sosial ketenagakerjaan. Meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan, program tersebut telah memiliki payung hukum yang kuat, yakni Perda Kota Madiun erda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan JKK dan JKM bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Program Siaga Kita juga diapresiasi oleh BPJS Ketenagakerjaan Madiun. Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Madiun, Tito Hartono menyatakan dengan program tersebut diharapkan, ekonomi masyarakat semakin tumbuh kuat pasca mendapat perlindungan dasar dari BPJS Ketenagakerjaan. Secara keseluruhan ada 3.763 pekerja informal yang diikutkan pada program tersebut. Mulai dari tukang becak, pekerja pabrik yang statusnya bukan tenaga kontrak dan bukan pula tenaga upahan serta pedagang mracang. Pada program tersebut, pemkot telah menganggarkan dana sekitar Rp900 juta dari APBD Kota Madiun untuk membayar premi ke BPJS Ketenagakerjaan.

Anda mungkin juga berminat
Loading...