Petani Madiun Pasok 20 Ton Gabah Ke Jakarta

24

Pemerintah Desa (Pemdes) Tiron, Kecamatan/Kabupaten Madiun mengirimkan 20 ton gabah ke PT Food Station Tjipinang Jaya. Distribusi yang baru pertama kali dilakukan ini merupakan upaya menjaga ketahanan pangan di ibu kota bahkan secara nasional.

Kepala Desa Tiron Retno Setiowati mengatakan bahwa langkah itu masih sebatas rintisan dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Ke depan, jumlah salah satu komoditas pertanian yang dikirim ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta itu diharapkan kian bertambah. Menurutnya yang dikirim adalah hasil panen dari bengkok (tanah kas desa) yang dikelola kepala desa dengan luas lima hektar. Untuk meningkatkan jumlah distribusi ke Jakarta perlu keterlibatan para petani.

Sementara bendahara Kelompok Tani Nglegok Makmur, Desa Tiron, Sudibyo mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya memberikan edukasi kepada petani. Menurutnya saat ini untuk gabah kering panen varietas pandan wangi yang telah dikirim ke PT Food Station Tjipinang Jaya, ia mencontohkan, dibeli dengan harga Rp 5.200 per kilogram. Padahal, di pasaran pada umumnya hanya Rp 5.000 hingga 5.100 per kilogram.

Anda mungkin juga berminat
Loading...