Penggunaan Dana Desa Secara Maksimal Di Desa Tambakmas Kebonsari

61

Pembangunan Desa dikelola secara partisipatif dikarenakan melibatkan peran serta masyarakat Desa. Mengenai prioritas Penggunaan Dana Desa diatur dalam Permendesa PDTT No 11 tahun 2011, tepatnya pada Pasal 12 tertulis bahwa Prioritas penggunaan Dana Desa untuk program dan kegiatan bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa, dalam Pasal 5 sampai dengan Pasal 11 tercantum dalam Lampiran I dan Lampiran II yang merupakan bagian dari Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Penggunaan Dana Desa kali ini juga turut diramaikan di Desa Tambakmas, Kebonsari, Kabupaten Madiun. Pembangunan Desa mengarah pada terwujudnya kemandirian Desa dikarenakan kegiatan pembangunan Desa wajib diswakelola oleh Desa dengan mendayagunakan sumber daya manusia di Desa serta sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Agar Desa Tambakmas, yang berpenduduk 5293 orang ini, mampu menjalankan kewenangannya, termasuk mampu menswakelola pembangunan Desa maka Desa berhak memiliki sumber-sumber pendapatan. Dana Desa yang bersumber dari APBN merupakan salah satu bagian dari pendapatan Desa. Tujuan Pemerintah menyalurkan Dana Desa secara langsung kepada Desa adalah agar Desa berdaya dalam menjalankan dan mengelola untuk mengatur dan mengurus prioritas bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Dalam hal penggunaan Dana Desa di Desa Tambakmas, digunakan untuk perbaikan jalan dengan volume 2.604 m, di dusun tambakmas, desa tambakmas kebonsari madiun. Proyek ini menelan dana sebesar Rp. 152.498.000 yang didapatkan dari pemerintah melalui program Dana Desa.

Kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo, mengatakan pembangunan ini berbatasan dengan Desa Palur di bagian Utara, berbatasan langsung dengan Ponorogo di bagian Selatan, berbatasan dengan Magetan di bagian Barat, dan berbatasan dengan Desa Tanjungrejo di bagian timur. Pihaknya mengapresiasi dengan adanya Dana Desa ini, dapat membantu pembangunan di wilayahnya.

Anda mungkin juga berminat
Loading...