Desa Lembah, Kampung Tangguh Semeru Siap Hadang Virus Corona

61

Kabupaten Madiun saat ini memiliki total kasus positif Covid-19 sebanyak 33 orang, dengan 20 orang dinyatakan sembuh 58 orang PDP, 343 orang ODP, dan 702 ODR per 9 Juni 2020. Hal ini yang membuat Pemerintah Kabupaten Madiun menggalakkan adanya Kampung Tangguh Covid-19. Salah satunya adalah di Desa Lembah Kec. Dolopo Kab. Madiun.

Kampung Tangguh memiliki tujuh kriteria ketangguhan, yaitu tangguh logistik, tangguh sumber daya manusia (SDM), tangguh informasi, tangguh kesehatan, tangguh keamanan dan ketertiban, tangguh budaya, dan tangguh psikologis.

Andik Eko Widodo Kades Desa Lembah mengatakan, setelah persiapan yang dilakukan sejak bulan Mei lalu, kini sematan Kampung Tangguh Semeru dalam hadapi Covid-19 telah dilaksanakan di Desa Lembah.

Selayaknya Kampung Tangguh, di Posko Desa Lembah telah diberi portal dengan ketentuan wajib, menggunakan masker, melaporkan kedatangan dan kepergian apabila bepergian, mencuci tangan sebelum memasuki area, jaga jarak aman.

Lumbung Kesehatan di Desa Lembah memiliki berbagai kebijakan mulai dari jaga jarak, jaga kesehatan, pakai masker, biasakan cuci tangan, dirumah saja apabila tidak ada keperluan, apabila sakit segera berobat ke posko puskesmas. Tak lupa lumbung pangan juga telah disiapkan di Desa Lembah yang sumbernya dari warga Lembah untuk warga Lembah. Lumbung informasi juga digunakan sebagai pusat informasi warga Desa Lembah. Warga diminta untuk laporkan ke gugus tugas apabila ada pemudik warga dari kampung lain ke lingkungan desa lembah, jangan percaya hoax dan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya.

Anda mungkin juga berminat
Loading...