Per Hari Ini, PT KAI Batalkan Perjalanan KA Sancaka

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun,  membatalkan perjalanan Kereta Api (KA) Sancaka yang melewati wilayah kerjanya mulai 21-30 April 2020 karena jumlah penumpang yang turun drastis. Manager Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, menjelaskan kebijakan ini dilakukan menyusul pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Pembatalan KA Sancaka di mulai tanggal 21-30 April 2020, dengan dua relasi perjalanan yakni Surabaya Gubeng-Yogyakarta dan Yogyakarta-Surabaya Gubeng. Menurutnya jika dalam kondisi normal, KA Sancaka berjalan empat kali dalam sehari (2 PP) melintas di Daop 7 Madiun. Namun, dua perjalanan KA sudah dibatalkan terlebih dahulu sejak awal April dan sisanya dibatalkan seluruhnya pada 21-30 April ini.

Ixfan memastikan rata-rata penumpang harian di Daop 7 Madiun saat ini hanya mencapai 2.000 orang per hari, atau turun drastis dari sekitar 20.000 orang, sejak adanya pemberlakuan keadaan darurat dan PSBB di beberapa daerah.
Setiap hari ada ratusan calon penumpang yang telah membatalkan tiketnya. Pembatalan perjalanan KA disamping untuk memaksimalkan PSBB kepada penumpang juga kepada pekerja operasional PT KAI. Bagi penumpang yang sudah terlanjur memesan tiket, bisa dilakukan pembatalan secara online melalui aplikasi KAI Access. Bea tiket dikembalikan 100 persen dan uang pembatalan akan dibayarkan dalam waktu 30-45 hari secara transfer.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat surel Anda tidak akan disiarkan.