Kaki Sering Tidak Disadari Bergerak, Apakah Anda Menderita Sindrom Ini?

118

Banyak orang dan mungkin anda juga, suka untuk menggerakkan kaki saat dalam kondisi duduk. Terkadang kebiasaan menggerakkan kaki ini secara tidak disadari anda lakukan. Namun taukah anda apabila hal ini bisa jadi merupakan sebuah sindrom? Apabila anda merasa ingin menggerakkan kaki anda secara berlebihan bisa jadi anda mengidap sindrom yang disebut sebagai Restless Leg Syndrome (RLS) atau sindrom kaki gelisah.

Kebiasaan menggerakkan kaki dari sindrom ini cenderung berlebihan bahkan mengganggu karena sulit untuk dihentikan, dan ada perasaan tidak nyaman apabila berhenti bergerak. Sindrom yang juga disebut sebagai Willis Ekbom ini belum diketahuin pasti penyebabnya, namun beberapa hal dibawah ini kemungkinan bisa menjadi penyebab penyakit ini :

  1. Biasanya dalam keluarga pengidap sindrom kaki gelisah ini juga ada yang mengidap, sehingga sindrom ini bisa diturunkan melalui gen.
  2. Kekurangan nutrisi. Kekurangan zat besi, magnesium, vitamin B12, vitamin D, maupun folat dapat menjadi penyebab seseorang menderita sindrom ini.
  3. Apabila anda mengidap penyakit seperti gagal ginjal, diabetes, neuropati perifer, penyakit Parkinson dan kelainan saraf tulang belakang, bisa jadi penyakit – penyakit tersebut merupakan penyebab anda mengalami RLS. Dengan mengobati penyakit tersebut, anda juga sekaligus mengobati RLS.
  4. Perubahan hormon atau kehamilan juga dapat memicu RLS. Biasanya dimulai pada trimester terakhir kehamilan, namun biasanya akan menghilang dalam beberapa bulan setelah melahirkan.
  5. Konsumsi obat – obatan, seperti antidepresan, antipsikotik, obat anti mual dan obat yang mengandung antihistamin juga dapat menjadi penyebab RLS.

 

Sindrom kaki gelisah akan mengganggu kualitas tidur anda karena sindrom ini biasanya akan lebih mengganggu disaat penderita dalam keadaan beristirahat. Sesaat bisa menghilang apabila penderita melakukan gerakan atau berjalan, namun biasanya akan memburuk kembali setelah tidak melakukan pergerakan. Rasa seperti kesemutan, gatal, geli, rasa tersetrum, kram ataupun nyeri merupakan hal yang dirasakan oleh penderita sindrom kaki gelisah.

Tanda – tanda seseorang menderita sindrom kaki gelisah ini adalah adanya dorongan besar untuk terus menggerakkan kaki, gejala akan menghilang apabila penderita menggerakkan kakinya, keinginan menggerakkan kaki akan memburuk pada saat kondisi penderita sedang beristirahat atau tidur, sehingga dapat mengganggu tidur seseorang.

Lalu bagaimana cara mengatasi sindrom kaki gelisah ini? Penderita bisa melakukan hal – hal seperti :

  1. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bisa dimulai dengan rutin berolahraga, mengatur waktu tidur yang baik, dan mengurangi atau tidak mengkonsumsi kafein, alkohol dan tembakau.
  2. Mengkonsumsi obat – obatan yang dapat mengurangi gejala seperti dopaminergik, antikovulsan, dan benzodiazopin. Obat – obatan tersebut mungkin saja tidak bereaksi terhadap semua penderita.
  3. Memijat kaki juga diyakini dapat meringankan gejala dari sindrom kaki gelisah.
  4. Mengompres atau mandi dengan air hangat. Anda bisa mengompres dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.

 

Apabila anda mengalami Restless Leg Syndrome atau sindrom kaki gelisah tersebut, cobalah untuk melakukan cara – cara diatas. Namun apabila gejala tidak berkurang dan bahkan memburuk, sebaiknya anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Anda mungkin juga berminat
Loading...