Bukan Hanya Anemia, Ini Akibat Anda Kekurangan Zat Besi dan Gejalanya

20

Banyak dari anda pasti sudah mengenal zat yang ada dalam tubuh ini, FE atau yang biasa kita kenal dengan nama zat besi. Zat besi berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan merupakan komponen utama dalam proses pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Selain itu zat besi juga berpengaruh pada metabolisme tubuh, pembentukan hormon dan jaringan ikat, serta membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan sel – sel tubuh. Apabila anak anda kurang konsentrasi dalam belajar atau memiliki gangguan belajar, zat besi juga dapat membantu untuk mengatasinya. Zat besi bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat, kemampuan daya pikir, serta konsentrasi.

 

Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi sesungguhnya dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti yang sudah anda ketahui adalah anemia. Namun sudahkah anda tahu gangguan lainnya apabila anda kekurangan zat besi?

  1. Anemia adalah kondisi kurangnya sel darah merah pada tubuh sebagai pembawa oksigen, sehingga aliran oksigen dalam tubuh berkurang. Anemia juga bisa disebabkan oleh tidak berfungsi dengan baiknya sel darah merah.
  2. Rambut rontok. Kekurangan zat besi juga bisa membuat rambut anda mudah rontok. Apabila anda merasa rambut anda mudah rontok tidak seperti biasanya, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.
  3. Pada bayi, zat besi dapat mempengaruhi fungsi motorik dan kecerdasan. Sehingga kekurangan zat besi pada bayi dapat mempengaruhi tumbuh kembang sang buah hati.
  4. Ibu hamil yang kekurangan zat besi atau sel darah merah dapat membuat bayi terlambat berkembang, meningkatkan resiko bayi lahir premature dan berat lahir bayi yang rendah.
  5. Kekurangan zat besi juga dapat membuat anda mudah terkena infeksi dan terserang virus karena menurunnya daya tahan tubuh.
  6. Menurunnya daya ingat, kecerdasan dan fungsi mental juga dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi.

 

Tanda – tanda kurang zat besi

Beberapa tanda – tanda atau gejala umum yang dapat timbul apabila anda kekurangan zat besi antara lain :

  • Mudah lelah dan letih. Karena pasokan oksigen yang tidak lancar dapat mengakibatkan anda mudah lelah dan letih apabila kekurangan zat besi.
  • Wajah pucat. Produksi sel darah merah atau hemoglobin yang menurun tentunya memberikan dampak pada raut wajah anda yang akan terlihat lebih pucat.
  • Kurangnya pasokan oksigen ke otak dapat membuat anda mengalami pusing disertai mata yang berkunang – kunang.
  • Jantung berdebar. Kadar hemoglobin rendah yang anda alami karena kurang zat besi bisa membuat kerja jantung bekerja lebih keras dibanding biasanya.
  • Lidah bengkak dan pucat. Kurangnya pasokan oksigen dapat membuat otot – otot termasuk di lidah dan sekitar mulut anda menjadi bengkak. Warna pucat juga dikarenakan warna lidah dipengaruhi oleh hemoglobin.

 

Apabila anda mengalami gejala atau tanda – tanda di atas, baiknya anda segera mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau anda bisa meminum pil tambah darah. Makanan – makanan yang dapat membantu anda dalam meningkatkan zat besi adalah hati, bayam, tiram atau kerang, kacang – kacangan, brokoli, kuning telur, hingga yang paling mudah ditemukan dan murah yaitu tahu.

Anda mungkin juga berminat
Loading...