Hari Anak Universal : 20 November – Perbedaan Hari Anak Universal dan Internasional

54

Bila Hari Anak Internasional diperingati pada 1 Juni dan Hari Anak Nasional diperingati pada 23 Juli, maka Hari Anak Universal diperingati pada 20 November tiap tahunnya. Mungkin beberapa dari anda bingung mengenai perbedaan hari hari anak tadi. Hari Anak Internasional diperingati untuk mengurangi angka anak anak yang bekerja dan melindungi hak mereka. Hari Anak Universal diperingati untuk meningkatkan kesejahteraan anak anak serta mengubah cara pandang dan cara memperlakukan anak. Munculnya Hari Anak Universal juga dilandasi oleh pentingnya bagi anak anak untuk mendapatkan hak mereka. Sedangkan, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli di Indonesia. Hari Anak Nasional di setiap negara berbeda, namun ada pula yang memperingatinya di tanggal yang sama yaitu 20 November.

Hari Anak Universal bermula ketika PBB membentuk UNICEF atau United Nations International Children’s Emergency Fund pada tahun 1946 untuk membantu anak anak korban Perang Dunia II. Tugas UNICEF adalah untuk memberikan bantuan makanan, kesehatan, pendidikan, menyelamatkan nyawa anak anak dan melindungi hak mereka. Hingga pada 1953 PBB mengubah namanya menjadi United Nations Children’s Fund, namun masih dengan singkatan yang sama, yaitu UNICEF.

Seperti dikutip dari laman resmi UNICEF Indonesia, UNICEF mulai bekerja di kepulauan yang luas ini pada tahun 1948, UNICEF berfokus pada penyediaan bantuan darurat untuk mencegah kelaparan di pulau Lombok. Selanjutnya, kerja sama resmi antara UNICEF dan pemerintah Indonesia dimulai pada tahun 1950.

Dihari Anak Universal ini, orang tua bisa membantu anak anaknya untuk memahami maupun mempelajari hak apa yang mereka miliki. Juga tentu saja harus memperlakukan anak sebagaimana mestinya.

Dikutip dari www.anakmandiri.org, berdasarkan Konvensi Hak-Hak Anak PBB pada tanggal 20 November 1989, berikut 10 hak yang wajib diberikan orangtua untuk anak yaitu:

  1. Hak untuk bermain
  2. Hak untuk mendapatkan pendidikan
  3. Hak untuk mendapatkan perlindungan
  4. Hak untuk mendapatkan nama (identitas)
  5. Hak untuk mendapatkan status kebangsaan
  6. Hak untuk mendapatkan makanan
  7. Hak untuk mendapatkan akses kesehatan
  8. Hak untuk mendapatkan rekreasi
  9. Hak untuk mendapatkan kesamaan
  10. Hak untuk berperan dalam pembangunan

Dengan adanya Hari Anak Universal kita diingatkan untuk tidak membedakan hak untuk anak, melainkan anak juga memiliki hak yang sama dengan orang dewasa, dan hak hak tersebut juga harus dilindungi untuk mendapatkan generasi yang lebih baik. Selamat Hari Anak Universal!

Anda mungkin juga berminat
Loading...