Bawaslu Kota Madiun Bakal Bentuk Kampung Pengawasan Partisipatif

28

Isu sara, berita bohong (hoax), kampanye hitam (black campaign), politik uang (money politics) hal itu merupakan penyakit demokrasi yang harus diberantas. Sebagai upaya meminimalkan praktik-praktik yang bisa mencederai demokrasi itu, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun terua melakukan sosialisasi kepemiluan kepada masyarakat.

Ketua Bawaslu Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko meminta masyarakat memilih pemimpin atau wakil rakyat yang merakyat, bukan malah yang menipu rakyat. Selain itu masyarakat juga harus cerdas memilih pemimpin yang amanah. Sebagai upaya memberikan edukasi demokrasi pada masyarakat Bawaslu Kota Madiun juga akan membentuk Kampung Pengawasan Partisipatif dan Kampung Tolak Politik Uang.

Hal ini mengingat sejumlah pelanggaran yang terjadi selama perhelatan pemilu di Kota Madiun masih minim peran serta dalam ikut melaporkan pelanggaran. Diharapkan pada pemilu yang akan dengan adanya kampung pengawasan partisipatif ini peran serta masyarakat dalam mengawasi jalannya pemilu lebih meningkat.

Anda mungkin juga berminat
Loading...