Mengenal Jerawat Batu dan Rosacea Serta Cara Penanganannya

59

Pendengar setia, pernahkah anda mengalami jerawat? Jerawat ada berbagai jenis. Salah satu jenis jerawat yang membuat kita lelah dan jengkel adalah jerawat batu. Jerawat batu atau jerawat kistik ini adalah jenis jerawat yang paling sulit untuk dihilangkan. Jenis jerawat ini bisa tinggal di wajah hingga berminggu minggu bahkan berbulan bulan. Bila berhasil dihilangkan, bisa meninggalkan bekas jerawat yang sangat sulit untuk pulih kembali.

Penyebab dari jerawat batu sendiri bisa karena hormonal untuk perempuan yang sedang dalam siklus menstruasi. Selain itu, penggunaan make up dan pembersihan kulit wajah yang kurang maksimal, juga dapat menyebabkan jerawat batu. Sisa make up yang masih tertinggal bisa menyumbat pori dan menyebabkan sebum menumpuk dan masuk ke bawah jaringan kulit yang dalam, sehingga menyebabkan jerawat ini sulit untuk sembuh dibanding jerawat lainnya.  Karena jerawat ini berada jauh di bawah lapisan kulit membuatnya tidak menunjukkan “mata” yang biasa anda pencet.

Penyebab lainnya adalah faktor genetik atau keturunan. Ketika anda memiliki keturunan dari orang tua anda yang juga mengalami jerawat jenis ini, bisa jadi jerawat batu yang anda alami adalah karena faktor genetik. Pola hidup anda yang kurang sehat juga bisa jadi penyebab dari jerawat batu. Bila anda memiliki kulit jenis berminyak dan suka sekali mengkonsumsi makanan berminyak, bersantan, junk food, atau makanan kurang sehat lainnya, artinya anda sedang meningkatkan resiko terjadinya jerawat batu pada diri anda.

Untuk mengantisipasi munculnya jerawat batu, anda bisa mulai dengan mengubah pola hidup anda menjadi lebih sehat. Mulai dari berolahraga atau menjaga makanan yang anda makan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kulit anda dengan membersihkannya secara benar dan maksimal. Anda juga bisa menerapkan double cleansing untuk memastikan wajah anda benar benar bersih.

Selain jerawat batu, pernahkah anda mendengar mengenai rosacea? Gangguan kulit yang gejalanya mirip dengan jerawat batu. Rosacea adalah keadaan dimana kondisi kulit membengkak dan berwarna merah dengan nanah yang mirip dan sering disalah artikan sebagai jerawat. Biasanya kondisi ini terjadi pada perempuan paruh baya, sementara jerawat batu bisa saja terjadi pada remaja. Bila jerawat batu dapat disembuhkan atau dapat dihilangkan walau sulit dilakukan, rosacea tidak dapat disembuhkan. Namun, tentu saja perawatan dapat membantu meringankan gejala gejala dari rosacea.

Penyebab rosacea sendiri masih belum diketahui secara pasti. Faktor – faktor seperti genetik, pola hidup, makanan, kondisi lingkungan yang kurang bersahabat – kelembaban udara, suhu yang panas dan dingin – serta menopouse hingga kelainan pembuluh darah dipercaya dapat menjadi penyebab seseorang terserang rosacea.

Untuk mengurangi gejala rosacea anda bisa melakukan perawatan, seperti mengkonsumsi obat antibiotik dengan resep dokter, anda juga bisa mengoleskan salep atau krim wajah yang mengandung metronidazole atau asam azelaic. Untuk perawatan atau penanganan lebih lanjut, lebih baik bila anda bertemu dan berkonsultasi dengan dokter.

 

Bila anda sudah mengenal mengenai jerawat batu dan rosacea, saatnya anda mengenal perbedaan antara keduanya.

Pertama. Bila jerawat menyerang wajah anda, warna kemerahan hanya akan berada di sekitar jerawat. Bila warna kemerahan itu nampak tidak hanya di bagian wajah yang berjerawat, anda wajib waspada karena bisa jadi itu adalah rosacea.

Kedua. Kulit berminyak umum dimiliki oleh anda yang mudah terserang jerawat. Berbeda dengan penderita rosacea yang bisa saja cenderung memiliki kulit yang tidak berminyak. Pori pori yang terlihat jelas juga bisa mengindikasikan anda terserang rosacea.

Ketiga. Pembuluh darah yang terlihat jelas juga menjadi tanda bahwa anda terserang rosacea. Sementara jerawat batu tidak akan menunjukan pembuluh darah yang jelas, dan cenderung sulit dilihat secara langsung.

Keempat. Jerawat batu dapat menimbulkan tekstur kulit yang kasar karena bekasnya. Sedangkan rosacea lebih sensitif, bahkan bisa membuat penderita mengalami rasa panas yang seperti terbakar karena suatu produk yang mengenai kulit.

Kelima. Rosacea dapat membuat mata anda kemerahan, gatal dan tidak nyaman. Sementara jerawat batu tidak mempengaruhi mata anda.

 

Pendengar setia, sudahkah anda mengenal mengenai jerawat batu dan rosacea diatas? Sudahkah anda bisa mengidentifikasi benjolan merah di wajah anda? Apakah benjolan tersebut jerawat atau rosacea. Apapun gangguan kulit yang anda derita, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah anda untuk mengantisipasi terjadinya jerawat batu maupun rosacea. Lakukan perawatan yang tepat dan benar untuk menghindari kondisi lebih buruk yang tidak diinginkan. Dianjurkan juga untuk anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang maksimal.

Anda mungkin juga berminat
Loading...