Mendikbud Perintahkan Semua Sekolah Ajarkan Mitigasi Bencana

8
Copyright madiuntoday.id

Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy saat meninjau sejumlah sekolah yang terdampak banjir di SDN 02 Desa Glonggong Kec Balerejo Kab Madiun. Mendikbud menekankan pelaksanaan program pembelajaran penguatan karakter di masing-masing sekolah.Di dalam kurikulum tersebut diantaranya berisi pelajaran mitigasi bencana atau serangkaian upaya untuk menekan dampak dan risiko bencana , baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi berbagai jenis bencana.

Mendikbud mencontohkan , jika suatu daerah dilokasi anak didik rawan bencana gempa,pelajar di semua jenjang pendidikan harus diajarkan pelajaran mitigasi bencana.Begitu juga mitigasi longsor , gunung meletus dan banjir menyesuaikan di daerah masing masing.

Muhadjir menambahkan,dalam pelaksanaanya, pihak sekolah bisa menggandeng BPBD relawan atau tenaga ahli dalam hal pengajaran mitigasi bencana tersebut. Seperti banjir yang melanda di Madiun ini. Mendikbud memerintahkan Bupati Madiun untuk menghimbau tenaga pengajar dibawahnya yang berada di wilayah rawan banjir mengajarkan pendidikan mitigasi banjir.Sehingga dengan pelajaran ini siswa lebih siap saat bencana banjir melanda.

 

Anda mungkin juga berminat
Loading...