Dopari Sakatu, Inovasi Pembelajaran Karakter yang Berhasil Meraih Penghargaan Tingkat Nasional

52

Dongeng Pagi Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu atau yang lebih dikenal dengan Dopari sakatu adalah inovasi pendidikan yang diciptakan pertama kali oleh SD Negeri 2 Mojorejo Taman kota Madiun. Kegiatan yang telah diterapkan selama kurun 2 tahun terakhir di sekolah ini berhasil masuk sebagai Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mengalahkan ribuan karya inovasi lainnya dari seluruh Indonesia.

Menurut Wahyudi, guru koordinator Dopari sakatu di SD Negeri 2 Mojorejo, sesuai dengan namanya, kegiatan yang pertama kali digagas oleh Widi santoso, sang mantan Kepala Sekolah  ini dilaksanakan setiap selasa, kamis, dan sabtu.

Sementara itu Menurut Deli Perwitasari, guru kelas 2 SDN 2 Mojorejo, Kegiatan mendongeng yang kini menjadi favorit para siswa ini mengambil cerita dari berbagai sumber, mulai cerita-cerita fabel hingga dongeng bertema pelajaran sekolah.

Bagi para guru SDN 2 Mojorejo kegiatan Dopari sakatu menjadi tantangan tersendiri, karena mau tidak mau setiap guru harus mampu berkreasi sebaik mungkin untuk menampilkan dongeng.

Sejauh ini, program yang telah direplikasi oleh beberapa sekolah di kota Madiun ini mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari para murid, seperti disampaikan Herawati Rahayu, guru kelas 1 SDN 2 Mojorejo,

Banyak hal positif yang didapatkan,  kedisiplinan siswa meningkat, jumlah siswa yang datang terlambat berkurang, nilai-nilai pembelajaran karakter tampak diterapkan oleh para siswa, anak juga menjadi lebih percaya diri.

Sementara itu, Deli Perwitasari menambahkan, cuaca merupakan faktor eksternal yang biasanya menjadi kendala saat kegiatan.

Dopari sakatu kini sedang melaju menuju 40 besar inovasi sistem pelayanan publik tingkat nasional. Para guru berharap kegiatan ini kelak bisa diterapkan di seluruh sekolah di kota madiun. Dan lebih dari itu, para siswa diharapkan mampu menyerap dan mengaplikasikan nilai-nilai karakter yang didapatkan sepanjang kehidupan mereka.

Simak perbincangan selengkapnya dengan klik dibawah ini

Anda mungkin juga berminat
Loading...