5 Tanda Saatnya Kamu Mengganti Bantal Tidurmu

388

Pernah kepikiran nggak kalau bantal tidur juga bisa memiliki masa kedaluwarsa? Mungkin selama ini kita berpikir selama bantal masih bisa dipakai, ya nggak usah ganti. Tapi ternyata bantal juga perlu diganti secara rutin.

Idealnya sih bantal diganti setiap setahun sekali. Kalau nggak bisa menggantinya setiap tahun, bisa saja kamu memakai bantal itu asalkan kamu belum mengalami tanda-tanda ini. Jika kamu sudah mengalami lima tanda ini, berarti kamu harus mulai memikirkan untuk segera mendapatkan bantal yang baru.

Badan Pegal Saat Bangun Tidur

Bantal bisa makin tipis dan penyet jika sudah dipakai dalam waktu lama. Jika saat bangun tidur, kamu merasakan pegal-pegal di area punggung, leher, atau bahu, bisa jadi itu tanda kalau kamu sudah harus mengganti bantalmu dengan yang baru.

Tak Merasa Segar di Pagi Hari

Bangun di pagi hari seharusnya membuat badan terasa segar. Tapi kalau badan sama sekali tak terasa segar di pagi hari, bisa jadi itu tanda kamu perlu segera mengganti bantalmu. Nyeri leher karena bantal yang sudah tak layak bisa mengganggu gelombang otak tidur nyenyak. Gelombang alfa (muncul saat masa peralihan antara sadar dan tidak sadar) menjadi lebih aktif sehingga tidur jadi kurang nyenyak.

Makin Sering Sakit Kepala

Tidur di bantal yang sudah tak layak, tubuh bagian atas akan mengalami tekanan karena posisi tidur yang buruk. Tekanan itu bisa menyebabkan sakit kepala. Kalau makin sering sakit kepala tiap bangun tidur, coba cek lagi kondisi bantal yang kamu gunakan.

Bersin-Bersin Saat Bangun Tidur

Bantal bisa jadi sarangnya tungau debu. Kalau bantal sudah terlalu lama dan tak pernah dibersihkan atau dijemur, tungau akan berkumpul dan bisa menyebabkan alergi atau asma pada si pemakainya. Bersin-bersin saat bangun tidur bisa jadi gejala bantalmu sudah kurang layak pakai lagi.

Bantal Tak Lagi Empuk dan Berpegas

Bantal terasa keras dan sama sekali tidak empuk. Bahkan tak memberi efek pegas sama sekali. Bantal yang seperti ini memang sudah sebaiknya diganti saja.

Kalau kamu sudah mengalami atau menemukan tanda-tanda itu pada bantalmu, segera ganti dengan bantal yang baru. Rutin mengganti bantal bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Pendengar Setia Jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 93.8 Radio Ge FM Madiun dan streaming disini atau Anda juga bisa download aplikasi GeFM Gabriel diPlaystore.

Sumber : VEMALE / RISNA

Anda mungkin juga berminat
Loading...