Bahaya Menyimpan Obat di Kulkas

347

Saat menggunakan obat-obatan kita tidak boleh sembarang, banyak yang harus diperhatikan agar tidak merusak fungsi obat. Cara menyimpan obat pun sering luput dari pengawasan padahal pada kemasan terdapat tata cara bagaimana menyimpan obat secara benar. Bahkan, kebanyakan dari kita menyimpan obat di dalam kulkas.

Staf Clinical Research Supporting Unit(CRSU) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. J Hudyono MS, SpOk, MFPM, menjelaskan penyimpanan obat yang salah dapat mengurangi fungsi obat. Ambil contohnya, menyimpan sisa obat sirup di dalam kulkas. Begitu pun dengan obat tablet maupun kapsul. Biasakan membaca petunjuk penyimpanan obat pada kemasan. Pada dasarnya, penyimpanan obat tidak di tempat yang lembab, suhu tinggi atau panas, dan tidak pada suhu dingin. Bukan seperti makanan yang disimpan kulkas lalu segar, penyimpanan obat di kulkas tidak akan memperpanjang usia pemakaian obat. Penyimpanan yang salah justru bisa mengurangi keefektifan obat dalam menyembuhkan penyakit.

Obat-obatan memang tidak bisa disimpan terlalu lama karena ada masa kedaluwarsanya. Bahkan untuk antibiotik harus langsung dihabiskan, tidak untuk disimpan. Pemakaian antibiotik harus sesuai resep dokter. Jika sering menggunakan antibiotik yang sudah lama tersimpan agar mengakibatkan kualitas obat tersebut sudah menurun, pasien berisiko mengalami resistensi antibiotik. Wah, Pendengar Setia harus lebih hati-hati.

Lalu bagaimana jika ada obat yang masih sisa? Jika ada obat-obatan yang belum habis dan ingin dibuang sebaiknya dihancurkan agar tidak ada oknum jahat yang mengambilnya. Pendengar Setia soal menyimpan obat yang perlu diperhatikan. Selalu baca petunjuk dan prosedur penyimpanan obat-obatan yang kamu konsumsi ya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Pendengar Setia Jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 93.8 Radio Ge FM Madiun dan streaming disini atau Anda juga bisa download aplikasi GeFM Gabriel diPlaystore.

Sumber : VEMALE / RISNA

Anda mungkin juga berminat
Loading...